19 January 2008

Alhamdulillah.... ada pepaya Thailand


 


Kelebihan pepaya Thailand ini, apabila ada sedikit saja geratan kuning pada kulitnya, berarti menunjukan sudah matang. Daging buahnya-pun lebih padat dan lebih berwarna merah dibandingkan pepaya pada umumnya.

Sedikit informasi tentang pepaya (karena memang belum ahlinya di bidang hortikultura):

Selain untuk konsumsi buah segar, buah pepaya matang dapat diolah menjadi saus pepaya. Buah yang setengah matang biasanya dibuat manisan, sedangkan buah muda disayur. Daunnya yang masih muda serta bunganya dibuat urap (lalap masak) dan buntil. Tanaman yang masih berdaun 3-5 helai dan buah muda dapat diambil getahnya untuk papain. Namun, batangnya tidak dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Papain digunakan untuk penyamak kulit serta melunakkan daging dan bahan kosmetik.

Buah pepaya memiliki kadar serat yang tinggi. Itu sebabnya saat mengalami sulit buang air besar, pepaya adalah buah yang pas untuk dikonsumsi. Pepaya juga dapat menambah nafsu makanan kita.

Nama-nama Pepaya :
بابايا (Arab), Pepaya (Indonesia), Gedang (Sunda); Betik, Kates, Telo gantung (Jawa); Gandul (Di desaku, red).

Bagian-bagian dari pohon pepaya :


1. Biji
- Dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Biji pepaya ini dapat dipergunakan dalam keadaan basah maupun kering.
2. Akar
- Untuk obat cacing, sebagai minuman penyegar, untuk mencegah resiko batu ginjal.
3. Getah
- Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar), sebagai pelunak daging
4. Daun
- Sebagai pengontrol tekanan darah, untuk obat demam berdarah, obat nyeri perut saat haid
5. Buah mentah
- Untuk memperlancar ASI, mengatasi sembelit, gangguan haid, maupun gangguan lambung
6. Buah masak
- Untuk meningkatkan asupan serat yang membantu menjaga organ pencernaan sekaligus memperlancar BAB. Dapat dimakan langsung atau dibuat jus dengan dicampur buah lain serta ditambah madu atau gula.

Penyakit yang dapat diobati (biidznillah):
Batu ginjal, Hipertensi, Malaria, Sakit keputihan, Kekurangan ASI, Reumatik, Malnutrisi, Gangguan saluran kencing, Haid berlebihan; Sakit Perut saat haid, Disentri, Diare, Jerawat, Ubanan. dan lain-lainnya.

artikel bebas didapatkan dari berbagai sumber
http://elha.wordpress.com

No comments: